PROFILKU

My photo
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
I am a moomy who working at office. Loving, caring is me. Learning internet marketing

Friday, June 25, 2010

K.O.S (Komunitas Online Shop)

Apa itu???
KOS adalah Komunitas Online Shop adalah Forum online shop sebagai media untuk berbagi info tentang semua hal yang berhubungan dengan online shop, produk custumer care serta promosi bagi para online shop ...
K.O.S BUKAN ONLINE SHOP ,, namun grup yang berisi KUMPULAN ONLINE SHOP...


K.O.S TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DENGAN SEGALA PENIPUAN YANG MENGATAS NAMAKAN K.O.S DAN ISI TULISAN YANG TERKANDUNG DALAM THREAD DISCUSSIONS ...
Where buyer n sellers talk!
FREE REGISTER :)

Disini kamu bisa share dengan beragam topik :

* CurCol

* Jual Beli

* Reseller supplier

* Diskusi

* Import Export

* Start an os

* Desain n web

* Beauty (from head to toe)

* Lifestyle hobby n entertainment (film, music, travel, pets, health, photography, etc)

* Fashion n Tren

* Chat and Radio


http://www.komunitasonlineshop.com
http://twitter.com/forkomos 
Vera bergabung dengan grup K.O.S (: KOMUNITAS ONLINE SHOP :)

Tuesday, June 22, 2010

Bisnis Online Shop untuk Fashion

Jumat, 19/3/2010 | 15:33 WIB
KOMPAS.com - Bila Anda tergolong aktif sebagai blogger, Anda tentu sering menemukan blog yang dijadikan online store untuk produk-produk fashion. Salah satunya adalah mygaragestore.blogspot.com. Tahun 2008, blog milik Galuh Agustia Sitompul (25) ini terpilih menjadi Best Service Online Shop dari Indonesia Online Shop (komunitas pemilih online shop). Ia mengalahkan sekitar 800 anggota IOS yang lain.
Prestasi ini boleh dibilang cukup baik, mengingat Galuh baru memulai bisnis online shop setahun sebelumnya. Ketika baru memasang jaringan internet di rumahnya, tahun 2007, Galuh hanya memakai internetnya sebatas untuk mengakses Multiply dan Friendster saja. Setelah "menguasai" situs blog dan jejaring sosial ini, Galuh baru terpikir untuk berbisnis melalui blog.
"Kebetulan waktu itu penjualan online asal Indonesia masih jarang. Kalau pun ada, harga produknya pasti mahal banget," ujar perempuan asal Bandung ini.
Barang pertama yang dijualnya adalah sepatu. Sejak dulu Galuh memang suka membuat sepatu sendiri. Bahkan blog pertama yang dibuatnya tahun 2007 itu diberi nama Shoe Maniac. Namun konsep bisnisnya saat itu masih mengikuti tren yang berlaku. Sementara Galuh sendiri lebih menyukai segala sesuatu yang bergaya vintage, dari pakaian, sepatu, hingga tas.
Untuk merealisasikan idealismenya, September 2007 ia mendesain online shop baru dengan nama Garage Store di jejaring blog Multiply. Belakangan ia mengganti domain-nya menjadi www.mygaragestore.blogspot.com. Supaya bisa fokus di blog ini, ia menutup blog Shoe Maniac-nya.
Seperti para pebisnis pemula lain, awalnya Galuh hanya menjual barang-barang tersebut pada teman-temannya sendiri. Kekuatan media online lah yang membuat pembeli produk Garage Store makin meluas. Pelanggannya yang paling banyak justru berasal dari luar Bandung, seperti Purwokerto, Solo, Batam, Jogja, Balikpapan, dan Aceh. Sayang, ia belum mampu melayani  pesanan dari Papua.
"Ongkos kirim barangnya mahal sekali. Rp 100.000 per kilonya," kilah lulusan jurusan jurnalistik Universitas Padjadjaran, Bandung ini.
Galuh cukup paham mengenali karakter pelanggannya. Menurutnya, pembeli dari luar kota cenderung membeli dalam jumlah besar, sedangkan pembeli dari Jakarta biasa membeli per item, itu pun dengan sesi tawar-menawar lebih dulu.
Hunting di Gede Bage
Sebagai pelaku bisnis di bidang fashion, Galuh tentunya harus rajin mencari barang baru. Lucunya, ia malah sering hunting barang di pasar second hand Gede Bage, Bandung. Di sini Galuh bisa menemukan banyak barang vintage. Namun barang-barang ini tidak dijualnya di online shop-nya. Ia membeli hanya untuk meniru polanya, lalu dibawanya ke tukang jahit untuk dibuatkan yang baru.
"Aku tuh paling enggak bisa menggambar, apalagi bikin pola. Untungnya aku punya tukang jahit dan sepatu yang sangat mengerti apa yang kupikirkan. Tapi kalau untuk urusan bahan, corak, dan warna, aku yang menentukan," ungkap mantan atlet hoki yang mewakili tim Jawa Barat untuk PON 2008 ini.
Galuh tidak memproduksi produknya secara massal. Setiap model biasanya hanya diproduksi sekitar 1 seri untuk sepatu, dan 10 buah untuk pakaian. Ia jarang sekali me-restock barang. Bila stok barang sudah habis, ia memilih membuat model yang baru. Ia baru memproduksi ulang ketika ada permintaan yang cukup tinggi atas sesuatu barang.
Dalam sebulan, Galuh mengaku umumnya terjadi sekitar 200 transaksi pembelian di tokonya. "Kalau dihitung-hitung, setiap bulan aku bisa dapat untung bersih sekitar Rp 3 juta, sedang kalau hari raya sekitar Rp 5 juta," ujarnya.

5 Alasan Pengunjung Batal Berbelanja Melalui Website Anda

Kamis, 15/10/2009 | 17:42 WIB
KOMPAS.com - Sebagai pemilik bisnis baru, Anda tentu harus memperkenalkan diri lebih dulu kepada calon pembeli. Dengan membangun website, atau mengkhususkan diri pada bisnis online, sebenarnya Anda mempunyai kesempatan untuk menyiarkan bisnis Anda ini. Sayangnya, banyak pemilik bisnis kecil yang tidak memberikan informasi yang lengkap untuk pengunjung. Padahal, kurangnya informasi ini akan mengundurkan niat pengunjung untuk berbelanja.
Carol Tice, kolumnis bisnis di berbagai surat kabar, dan CEO dan Janitor dari TiceWrites Inc., membagi 5 alasan mengapa website Anda dianggap kurang asyik oleh pengunjung:
1. Informasi mengenai kontak diri Anda tidak terlihat pada home page.
Pengunjung website tentu ingin tahu siapa pengelola website, dan bagaimana cara menghubungi Anda. Bila mereka tidak bisa melihat dimana letak nomor telepon, alamat, atau bahkan tab "Contact Us", apa yang bisa Anda harapkan? Tak ada gunanya membuat kesan kosmo, global, misterius, atau Anda ada di segala tempat, karena hal ini hanya membuat Anda terlihat amatir. Pengunjung tentu ingin melihat dimana kota tempat Anda berada, sehingga dapat memprediksi berapa lama kira-kira barang yang dipesan sampai ke tujuan. Adanya nomor telepon juga memudahkan pengunjung untuk langsung mengetahui dimana Anda berbasis.
Idealnya, contact info, atau contact link, harus langsung bisa dilihat di bagian atas web page, tanpa perlu meng-scroll down layar. Menuliskannya di bagian terbawah layar, dalam huruf Times New Roman 8 pt, berwarna putih di atas dasar abu-abu, hanya menyulitkan pencarian calon pembeli potensial Anda. Melengkapi informasi dan menampilkannya dengan jelas tak hanya memudahkan calon pelanggan, tetapi juga membuka peluang majalah atau suratkabar mewawancarai Anda.
2. Anda hanya menyediakan formulir fill-in email.
Tahukah Anda bahwa formulir email yang Anda sediakan di contact page tidak akan digunakan? Sebab, tidak ada orang yang ingin mengisi formulir tersebut. Pengunjung merasa tidak dikenal, dan siapa yang akan menerima email mereka. Jika Anda senang menggunakan formulir karena dapat menangkap data langsung ke dalam sistem CRM untuk Anda, atau apa pun alasan Anda, paling tidak cantumkan alamat email Anda, dan berikan pilihan untuk mengklik sebuah link
3. Anda tidak memiliki nomor telepon.
Selain tidak mencantumkan alamat, website Anda juga tidak menuliskan nomor telepon. Anda khawatir nomor telepon Anda disalahgunakan, atau menerima telepon-telepon iseng. Jadi Anda hanya mengandalkan email dan fill-in form. Padahal, cara seperti ini hanya membuat calon pembeli berpikir bahwa Anda tidak berpengalaman.
4. Halaman "About Us" tidak menceritakan kapan perusahaan Anda didirikan, dan oleh siapa.
Informasi ini tentu diperlukan jika bisnis Anda sudah berkembang. Jika produk atau jasa Anda disukai orang, mereka tentu ingin mengetahui siapa yang ada di balik bisnis hebat ini. Wartawan tentu juga ingin mencari cerita-cerita unik untuk disampaikan. Misalnya, Anda ternyata bekerja sama dengan seorang sosialita dan mantan artis remaja untuk mendirikan kafe yang kini menjadi tempat nongkrong remaja itu. Bagaimana persahabatan Anda berakhir dengan bisnis ber-omzet besar ini, itulah yang menarik bagi pelanggan.
5. Halaman "News" atau "Press" tidak memiliki kontak untuk media.
Anda memiliki halaman khusus untuk press release, kliping artikel dari majalah atau suratkabar yang pernah memuat artikel tentang bisnis Anda, tetapi Anda tidak menyediakan kontak untuk media lain yang ingin menghubungi Anda. Bila calon pembeli tidak punya cukup waktu untuk mencari kontak Anda (padahal kebutuhan sudah mendesak), atau wartawan sudah menghadapi deadline, mereka tak akan membuka laman Anda lagi lain waktu.

Cerdas Memasarkan Bisnis Online

Senin, 20/4/2009 | 11:16 WIB
KOMPAS.com - Karena Anda masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan, Anda ingin mencoba membangun usaha sampingan melalui internet. Anda yakin sistem bisnis seperti ini akan cukup berhasil, toh Anda sendiri kerap bertransaksi secara online. Contohnya saat membeli tiket pesawat, membeli ponsel atau peralatan elektronik lain, bahkan memesan cake pun Anda lakukan melalui situs yang disediakan.
Ada alasan mengapa Anda harus mulai melirik bisnis online saat ini. "Saya melihat ada potensi besar di situ. Bayangkan, ada 50 juta internet user di Indoensia. Jumlah orang yang bergaji Rp 3 juta ke atas ada sekitar 50%, dan yang bergaji Rp 7 juta sekitar 20%. Sedangkan tiak semua orang yang nonton TV adalah potential user," demikian ungkap Iim Fahima, pendiri dan direktur Virus Communication, sebuah bisnis jasa konsultasi marketing dan komunikasi online, dalam seminar Sukses Wirausaha yang diselenggarakan majalah Femina di Balai Kartini, Sabtu (18/4).
Keuntungan yang kita dapatkan dengan berbisnis secara online antara lain:
1. Menghemat biaya, karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat, biaya perawatan, dan operasional toko.
2. Dapat memanfaatkan forum, blog, atau situs jejaring sosial untuk membangun awareness produk kita lebih cepat, dengan biaya yang jauh lebih ekonomis.
3. Dapat menjangkau calon pembeli di kota lain.
Namun mekanisme ini tentu juga menuntut konsekuensi strategi komunikasi yang cerdas, konsisten, dan action yang tepat. Yang membuat seseorang mau membeli produk kita di online adalah kepercayaan. Untuk membangun kepercayaan calon pembeli, Anda harus membawa identitas yang konsisten. Berikan informasi yang jelas, seperti apa dan siapa Anda, cantumkan email, nomor telepon, berikut alamat lengkap (bila perlu, cantumkan foto Anda). Untuk menambah poin plus, sediakan kolom untuk testimoni pelanggan.
Untuk mulai membangun bisnis online, Anda harus melakukan riset untuk memahami insight konsumen online secara general, dan memahami insight target audience Anda. Insight mengenai target audience misalnya:
1. Pembeli fashion untuk dipakai sendiri cenderung ingin melihat dan mencoba dulu sebelum membeli. Berikan fasilitas "lihat dulu-kalo cocok beli", dan kenakan biaya antar-tunggu.
2. Pembeli buku cenderung membeli buku yang serupa. Kirimkan informasi via email ke pembeli setiap ada buku serupa yang terbit.
3. Orang yang membeli bunga atau kado, biasanya selalu memerlukan bungkus yang cantik dan kartu ucapan. Berikan bungkus cantik, kartu ucapan gratis (berikut pilihan kata-katanya) yang bisa dilihat di online.
Lalu apa yang dicari  dan dibutuhkan orang? Anda bisa mengetahuinya dengan cara:
1. Ketikkan "google adwords" pada mesin pencari Anda, atau langsung mengetik adwords.google.com pada URL.
2. Klik pada pilihan [Keyword Tool]. Klik pada pilihan [Descriptive words or phrases] di sebelah kiri, lalu ketik kata kunci yang Anda inginkan, misalnya "fashion". Lalu klik [Get Keyword Ideas].
3. Anda akan melihat berapa banyak jumlah orang yang mencari produk "fashion" melalui Google.
4. Lakukan hal ini dengan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya "busana muslimah". Lihat hasilnya.
Mekanisme pembelian dan pembayaran
Iim juga memberikan sejumlah tip penting seputar cara membangun dan memasarkan bisnis online. Yang pertama, "Hiduplah dengan online behaviour, karena bisnis dimana pun menuntut perilaku sesuai bidang yang kita pilih," ujar perempuan berusia 31 tahun ini.
Ini tip yang lain:
1. Berikan respons yang cepat.
Online adalah medium yang dinamis, karena itu berikan respons saat itu juga terhadap pembelian, pertanyaan, hingga komplain konsumen. Untuk dapat memberikan respons yang cepat, tentunya Anda harus selalu memonitor website Anda setiap detik.
2. Buat proses pembelian yang sederhana.
  Dalam online, semakin sederhana prosesnya, semakin besar kemungkinan terjadinya pembelian. Tidak perlu mengharuskan calon pembeli menjadi member, menyebutkan nomor KTP dan nomor kartu kredit (tidak semua orang yang sedang menghadapi komputer membawa kartu kredit, bukan?). Apalagi memakai sistem cart seperti di website asing.
3. Cara membayar yang mudah.
  Di Indonesia, cara yang paling familiar bagi kita adalah membayar saat barang diterima (cash on delivery), atau transfer melalui bank. Minta pembeli mengirimkan bukti transfer sebelum mengirimkan barang. Meminta pembeli membayar melalui kartu kredit atau Paypal hanya akan merepotkan Anda.
4. Berikan sesuai janji.
Dalam hal pengiriman barang, misalnya, barang yang dikirim harus sesuai yang diperlihatkan di website, dan mengirim tepat waktu. Sekali Anda mengirim barang sesuai janji, selanjutnya konsumen akan datang membeli lagi (bahkan sambil mengajak teman yang lain).
Dalam bisnis online, selalu ada kemungkinan pembeli yang tidak membayar, atau coba-coba menipu. Namun bagi Iim, hal ini tak perlu diresahkan. "Sebagai entrepreneur, kita harus berani mengambil risiko. Mungkin ada juga yang tidak mau membayar, namun tidak banyak kok jumlahnya. Anda juga bisa memberikan fasilitas 'lihat barang dulu, kalau tidak cocok boleh dikembalikan'. Berapa sih, paling Rp 20.000,- (ongkos kirimnya)," jelas finalis International Young Creative Entrepreneur of the Year 2008 yang diselenggarakan British Council ini.
Pendek kata, semua orang bisa mulai berbisnis via online. Manfaatkan fasilitas gratis seperti Facebook untuk melakukan promosi secara cepat tanpa tambahan biaya!

Tips Sukses Berbisnis Online

Rabu, 27/1/2010 | 11:18 WIB
KOMPAS.com - Belakangan ini, toko online makin marak. Selain lebih murah karena tak butuh banyak biaya, juga lebih mudah untuk dikunjungi pelanggan. Di bawah ini adalah beberapa langkah mudah untuk menjalankan usaha lewat internet.

1. Awali dengan hobi.
Jenis usaha yang berasal dari hobi pasti terasa lebih mudah dilakukan. Anda pun tak akan merasa terbebani saat melakukannya. Selain itu, setidaknya Anda sudah memiliki pengetahuan mendasar tentang bisnis itu. Anda pun tak perlu membuang waktu untuk mempelajarinya. Paling-paling Anda hanya perlu mendalami, mengembangkan, atau mengenal tren terbaru dalam kaitannya dengan hobi itu.

2. Perdalam pengetahuan.
Karena Anda akan menjalani usaha online, ada baiknya untuk menambah pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi internet. Ketahuilah penyedia-penyedia situs bebas biaya, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk memiliki situs internet.

3. Kunjungi komunitas dunia maya.
Ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar, seperti perkumpulan pencinta kain, penghobi makanan, dan lain-lainnya. Carilah yang sekiranya cocok dengan jenis usaha Anda. Setelah itu, lakukan promosi. Tak perlu malu-malu, Anda harus mau untuk memasarkan produk. Semakin banyak yang mengenal usaha Anda, semakin pula kemungkinan mendapatkan pembeli. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang Anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. Ada satu hal yang mesti diingat saat berpromosi, ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas tersebut. Sekali melanggar, Anda bisa kena penalti.

4. Perbarui situs secara berkala.
Sangat penting untuk memperbarui (update) situs. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tak tertarik untuk kembali mengunjungi situs Anda. Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko Anda. Update tak harus dalam bentuk besar-besaran. Hanya dengan menambahkan satu jenis barang baru saja sudah cukup. Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang mesti diinformasikan dalam situs.

5. Miliki cukup produk dan cicil foto barang. Tidak apa-apa bila memulai usaha dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, setidaknya untuk 6 kali update. Sebaiknya Anda tidak menampilkan semua produk sekaligus. Disimpan agar Anda bisa terus meng-update. Cicillah foto barang-barang itu sedikit demi sedikit. Di waktu senggang, carilah produk atau kreasi baru.

6. Kreatiflah dengan foto.
Karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang Anda tawarkan, siasati hal ini dengan menampilkan foto-foto produk. Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya atau ia malah jadi tidak tertarik karena menganggap barangnya biasa-biasa saja. Fotolah produk dari berbagai sudut dan jarak. Sediakan versi umum dan mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Hiasan yang menarik akan menambah nilai jual barang tersebut.

7. Miliki nilai plus.
Anda boleh saja menjual pakaian sama seperti perempuan lain, tapi tentu usaha Anda jadi tak ada istimewanya, kan? Kalau Anda menjual pakaian khusus berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pemakai terlihat superlangsing dan mengantarnya ke rumah pembeli, baru bisa dikatakan usaha Anda berbeda dari kebanyakan. Temukanlah keunikan dalam setiap jenis usaha yang Anda jalankan. Pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai plus.

16 Kesalahan Saat Berbisnis Online

Selasa, 22/6/2010 | 09:24 WIB
KOMPAS.com - Berbisnis melalui media online saat ini makin menjadi pilihan, karena modal dan biaya operasionalnya relatif kecil. Anda juga tidak terikat waktu dan tempat, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lain tanpa harus menunggui produk yang Anda jual.
Untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses website Anda, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Mendesain situs berlebihan. Sah-sah saja menggunakan animasi, musik, grafik, dalam situs, tapi  jangan terlalu banyak. Berdasarkan penelitian, orang-orang lebih tertarik pada situs yang sederhana. Hiasan yang terlalu ramai akan memperlambat fungsi situs. Ingat, pengguna internet adalah orang-orang sibuk, yang ingin mendapatkan informasi dengan cepat.
2. Mengisi situs dengan link atau teks yang tidak ada kaitannya dengan usaha. Hal ini akan membuat pengunjung malas berkunjung ke situs Anda. Teksnya juga jangan berlebihan. Secukupnya saja, sesuai dengan tujuan usaha atau barang yang ditawarkan.
3. Membuat situs yang tidak terlihat profesional atau asal-asalan. Di dunia online Anda memiliki waktu kurang dari 20 detik untuk meninggalkan kesan pertama dalam pikiran pengunjung. Manfaatkanlah waktu sempit itu dengan sebaik-baiknya.
4. Membuat calon pelanggan bingung. Jika terlalu banyak tombol dalam situs, pengunjung jadi bingung. Apalagi kalau tombol-tombol itu berserakan di mana-mana. Gunakan saja petunjuk-petunjuk dasar atau sederhana yang memang sudah terbukti efektif membimbing pengunjung.
5. Meletakkan info kontak Anda di tempat yang susah ditemukan.
6. Jarang memperbarui informasi. Ini kesalahan terbesar dalam berbisnis online. Dunia usaha berkembang setiap saat dan Anda harus bisa mengimbanginya. Perbaruilah informasi secara berkala, setidaknya seminggu sekali, mulai dari foto, harga, sampai keterangan lain mengenai barang yang ditawarkan.
7. Menggunakan splash page. Splash page adalah halaman awal berisi logo yang harus diklik agar bisa masuk ke situs. Halaman ini cukup membingungkan bagi banyak pengguna internet.
8. Mengharuskan pengunjung mengunduh fitur tertentu.  Jangan memasang fitur ini hanya supaya pengunjung bisa mengakses informasi. Banyak orang menganggap hal ini membuang waktu saja.
9. Tidak menyediakan informasi  yang jelas bila calon pelanggan harus mengisi formulir tertentu sebelum melakukan pembelian.
10. Mengirim spam. Spam adalah bentuk e-mail yang dikirim ke banyak orang tanpa diminta. Ini mengganggu. Orang akan merasa privasinya dilanggar.
11. Mengganti alamat situs. Gonta-ganti alamat situs akan membuat Anda terlihat tidak konsisten, apalagi tanpa pemberitahuan. Pelanggan jadi harus mencari-cari Anda lagi, atau mereka pikir Anda gulung tikar.
12. Tidak menghiraukan persaingan. Memang baik jika Anda memfokuskan diri untuk memasarkan usaha Anda, tapi jangan sampai Anda ketinggalan dari pesaing lainnya. Sebaiknya Anda perhatikan usaha pesaing dan kembangkan strategi Anda sendiri.
13. Mencampuradukkan dagangan yang tidak ada hubungannya. Anda berjualan cookies dan baju hamil. Dua benda yang tidak ada hubungannya. Pelanggan akan bingung, sebenarnya Anda mau berjualan apa sih? Kalau mau berjualan lebih dari satu jenis barang, buatlah situs yang berlainan.
14. Menciptakan kategori usaha, nama, atau kata kunci yang terlalu umum. Bila ini terjadi, Anda bisa kalah dari pengusaha lain.
15. Gunakan kreativitas Anda untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda, tapi jangan juga membuat kategori yang terlalu spesifik. Misalnya berjualan "siomay bakar daging rusa bumbu manis pedas". Itu contoh nama yang kurang baik.
16. Lokasi berbisnis di rumah, bukan berarti usaha Anda tidak perlu mendapat izin. Daftarkanlah dan jangan lupa membayar pajak karena ini kewajiban warga Indonesia.
(Tim Majalah Sekar)

Sunday, June 20, 2010

Jendela Cantik dengan Tirai Berhias

Jendela cuma berhias tirai polos? Biar lebih menarik, kita hias, yuk, tirai polos dengan potongan-potongan kain. Mau tahu caranya?
Menghias kain dengan melekatkan atau menjahit potongan-potongan kain, di atas bahan dasar, biasa disebut teknik aplikasi. Cara melekatkannya, bisa dengan dilem, atau lebih rapi dengan dijahit. Cara inilah yang akan kita gunakan untuk menghias tirai polos, di rumah.
Pilih ruangan mana, yang jendelanya akan kita hias. Buat contoh, kita bisa lihat foto tirai di jendela kamar anak, di foto ini. Awalnya tirai ini berwarna putih polos, sama sekali tidak menampilkan keceriaan khas anak-anak. Tapi setelah dihias dengan potongan kain warna-warni, dengan bentuk-bentuk yang lucu pula, tampilannya langsung berubah.
Cara buatnya, cukup sediakan kain lebar dan polos, sesuaikan dengan ukuran jendela. Atau kalau sudah punya kain tirai polos, bisa dipakaijuga. Lalu, siapkan juga beberapa kain warna-warni. Tidak perlu yang berukuran lebar, manfaatkan saja kain perca, karena kita hanya akan membuat potongan-potongan kecil. Sudah siap semua? Sekarang saatnya membuat pola. Kalau untuk kamar anak, kita tentu akan memilih bentuk-bentuk yang lucu. Kupu-kupu, bunga, bintang, angka, huruf, dan sebagainya. Setelah membuat pola dengan kertas, potong kain perca sesuai pola. Kalau sudah, tinggal melekatkan ke kain, supaya lebih rapi, kita jahit saja. Bisa jahit manual dengan tangan, atau bisa juga dengan mesin.
Kegiatan yang satu ini, bisa jadi proyek menarik untuk mengisi libur atau akhir pekan. Jadi, kalau akhir minggu atau awal tahun ini, Anda belum punya rencana apa-apa, cobalah berkreasi. Iseng-iseng sambil menghias kamar anak.

Tirai Cantik untuk Kamar Si Upik


Tirai pun bisa menjadi elemen dekoratif pada kamar si kecil. Tak perlu yang rumit, yang sederhana pun bisa tampil menarik.
Senin, 13/10/2008 | 12:59 WIB
KAMAR anak, apalagi anak perempuan, biasanya penuh dengan pernak-pernik lucu khas anak-anak. Mendekorasi kamar anak memang berbeda dengan mendekorasi ruangan lain. Karakter anak-anak yang ceria dan lucu harus dimunculkan ketika menata kamar mereka. Mulai dari warna hingga pilihan aksesori ruangan sebaiknya mewakili karakter anak-anak.

Elemen dekoratif pada kamar anak tidak melulu berupa boneka, bantal, atau pernak-pernik unik lainnya. Tirai jendela pun bisa menjadi elemen dekoratif lho. Tidak perlu mencari yang berdesain rumit atau yang berharga mahal. Tirai sederhana pun bisa tampil menarik kok. Contohnya, tirai di kamar anak yang Anda lihat di foto ini.

Untuk ibu yang gemar menjahit, tirai ini tentu bisa menjadi inspirasi. Anda cukup siapkan kain organdi, sesuaikan ukurannya dengan ukuran jendela kamar. Selain itu siapkan pula beberapa kain warna-warni. Anda bebas memilih jenis kainnya, Anda juga bisa memanfaatkan sisa-sisa kain (kain perca).

Kain berwarna-warni tadi bisa Anda gunting dengan bentuk-bentuk yang lucu, seperti bunga, kupu-kupu, burung, dan lain sebagainya. Jika ingin tampilannya tidak terlalu feminin, Anda bisa memilih bentuk angka atau huruf. Setelah semua digunting, rapikan tepiannya. Kemudian rekatkan kain-kain tadi dengan menjahitnya pada kain organdi. Tidak sulit dan hasilnya tampil manis kan?

Penulis: Anissa
Foto: Richard

Tuesday, June 15, 2010

Puding Kacang Hijau Saus Kejumoo

Bahan Puding :
1 bks agar-agar bubuk
750 ml susu cair tawar
250 ml air
200 gr gula pasir
100 gr kacang hijau, rebus, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt esens vanili
Bahan Saus :
100 gr Keju Kraft Cheddar, parut
250 ml susu cair tawar
25 gr gula pasir
1/8 sdt esens vanili
1 sdm tepung maizena

Cara Memasak

  1. Puding: rebus agar-agar, susu cair tawar, air, dan gula pasir sampai mendidih. Masukkan kacang hijau, garam, dan esens vanili. Aduk rata. Masak sampai mendidih.
  2. Tuang ke dalam loyang 1/2 lingkaran bergerigi. Dinginkan.
  3. Saus: campur Keju Kraft Cheddar, susu cair tawar, gula pasir, dan vanili. Masak sampai mendidih dan keju larut.
  4. Larutkan tepung maizena bersama 2 sendok makan rebusan keju. Tuang ke dalam rebusan keju. Aduk rata. Masak sampai meletup-letup.
  5. Sajikan puding bersama sausnya
Untuk 12 potong

PUDING ROTI KEJU KRAFT


Bahan-bahan:
2 Lbr     roti tawar dicacah kasar
75 ml     susu tawar
1 butir   telur
2sdt      gula pasir/gula palem
2sdt      kacang/meises
50gr      keju kraft cheddar (potong dadu kecil)

Cara Membuat:
  1. Kocok Telur dengan susu
  2. Campur roti dengan gula pasir/gula palem, keju kraft cheddar, dan kacang/meises,tuang kocokan susu dan telur.
  3. Kukus selama 15-20 menit hingga matang
Sumber:Resep Praktis  Kraft

Thursday, June 10, 2010

CARA MENAMBAHKAN WIDGET SHOUTMIX BOX

Masih kesulitan cara pasang (menambah/memasang) widget Shoutmix box di blog anda. Sebenarnya ada situs yang menawarkan layanan gratisan, yang bisa dimanfaatkan. jadi tidak perlu pusing memikirkan rumitnya script, karena scriptnya telah disediakan oleh situs tersebut, anda hanya perlu meng-copy-nya dan memasang (tambah/pasang) script widget Shoutmix box ke blog anda.

Shoutmix box merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung blog anda. Fungsinya sebenarnya hampir sama dengan fungsi comment. Namun kelebihan widget shoutmix box (jika anda tempatkan di sidebar) adalah setiap membuka halaman web , selalu muncul shout mixnya, sedangkan fasilitas comment hanya muncul pada bagian bawah tiap postingan.

Selain shoutmix, anda juga bisa menggunakan Cbox lihat disini Cbox , fungsinya sama. Karena kedua tools tersebut menyediakan script yang bisa anda gunakan (copy) ke gadget html javascript di sidebar anda. Anda hanya perlu mendaftar ke situs mereka kemudian lakukan registrasi dan login ke member area untuk mengambil kode script, script inilah yang anda tambahkan ke blog anda.

Jika anda ingin menambah widget shoutmix box ke blog anda silahkan daftar di sini Shoutmix or kunjungi (www.shoutmix.com).
Prosedur yang perlu anda lakukan adalah:
1. Klik tombol Create your shoutmix now
2. masukkan data pribadi , kemudian klik tombol Continue
3. Akan muncul pesan bahwa shoutmix anda sudah dibuat,klik "Go to my control panel now"
4. Klik starter guide, klik Place the shoutbox on your site
5. Akan muncul halaman berisi script shoutmix (embed codes), atur lebar dan tinggi shoutmix  (sesuaikan dengan ruang di web anda)
Copy script (code)yang ada,dan paste pada gadget html/javascript di sidebar blog anda
jika kesulitan menggunakn cara memasukkan script ke gadget html/javascript,