PROFILKU

My photo
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
I am a moomy who working at office. Loving, caring is me. Learning internet marketing

Sunday, June 20, 2010

Jendela Cantik dengan Tirai Berhias

Jendela cuma berhias tirai polos? Biar lebih menarik, kita hias, yuk, tirai polos dengan potongan-potongan kain. Mau tahu caranya?
Menghias kain dengan melekatkan atau menjahit potongan-potongan kain, di atas bahan dasar, biasa disebut teknik aplikasi. Cara melekatkannya, bisa dengan dilem, atau lebih rapi dengan dijahit. Cara inilah yang akan kita gunakan untuk menghias tirai polos, di rumah.
Pilih ruangan mana, yang jendelanya akan kita hias. Buat contoh, kita bisa lihat foto tirai di jendela kamar anak, di foto ini. Awalnya tirai ini berwarna putih polos, sama sekali tidak menampilkan keceriaan khas anak-anak. Tapi setelah dihias dengan potongan kain warna-warni, dengan bentuk-bentuk yang lucu pula, tampilannya langsung berubah.
Cara buatnya, cukup sediakan kain lebar dan polos, sesuaikan dengan ukuran jendela. Atau kalau sudah punya kain tirai polos, bisa dipakaijuga. Lalu, siapkan juga beberapa kain warna-warni. Tidak perlu yang berukuran lebar, manfaatkan saja kain perca, karena kita hanya akan membuat potongan-potongan kecil. Sudah siap semua? Sekarang saatnya membuat pola. Kalau untuk kamar anak, kita tentu akan memilih bentuk-bentuk yang lucu. Kupu-kupu, bunga, bintang, angka, huruf, dan sebagainya. Setelah membuat pola dengan kertas, potong kain perca sesuai pola. Kalau sudah, tinggal melekatkan ke kain, supaya lebih rapi, kita jahit saja. Bisa jahit manual dengan tangan, atau bisa juga dengan mesin.
Kegiatan yang satu ini, bisa jadi proyek menarik untuk mengisi libur atau akhir pekan. Jadi, kalau akhir minggu atau awal tahun ini, Anda belum punya rencana apa-apa, cobalah berkreasi. Iseng-iseng sambil menghias kamar anak.

No comments:

Post a Comment